Berbicara tentang Malang, bukan rahasia lagi jika popularitas makanan khas malang ini seakan tak lekang digerus zaman. Jika Anda membutuhkan alasan untuk mendukung pernyataan tersebut, artikel ini bisa menjadi jawabannya.

Keyword: makanan khas malang, bakwan malang, cwie mie, sego goreng mawut, puthu lanang, anglse

Sejak awal dimulainya peradaban manusia, makanan telah menjadi salah satu aspek vital bagi kehidupan semua orang. Tidak hanya berperan sebagai kunci kelangsungan hidup umat manusia, namun perlahan makanan pun mulai memiliki kedudukan tersendiri di tengah masyarakat – bahkan menjadi bagian dari budaya kita. Indonesia merupakan contoh nyata tentang peran penting makanan dalam menambah keragaman unsur budaya bangsa. Contohnya saja Rendang, penganan daging bercita rasa pedas khas Sumatera Barat atau Gudeg dari Yogyakarta – kedua hidangan tersebut menjadi salah satu simbol paling dikenal dari tiap provinsi.

Tidak jauh berbeda dengan Sumatera Barat dan Yogyakarta, Malang pun memiliki kisah tersendiri seputar kuliner khas daerahnya. Kota terbesar ke-2 di Jawa Timur ini tentu saja bukanlah ‘pemain baru’ dalam dunia kuliner, karena banyak masyarakat Indonesia yang sudah mengenal baik makanan khas dari daerah ini. Mulai dari Bakwan Malang hingga Puthu Lanang, berikut adalah lima makanan khas Malang yang wajib Anda coba saat berkunjung ke Kota Apel ini.

1. Bakwan Malang

Cukup aneh rasanya jika Anda belum pernah mendengar atau mencicipi hidangan yang satu ini – karena dari semua makanan khas Malang, Bakwan Malang mungkin merupakan yang paling terkenal. Mendengar kata ‘Bakwan,’ mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia akan berpikir bahwa gorengan Bakwan yang kita kenal menjadi salah satu bahan dasar dari makanan ini. Namun, kenyataannya, Bakwan Malang merupakan penganan berkuah serupa bakso. Namun, yang membuat Bakwan Malang istimewa adalah campuran pangsit goreng berisi adonan daging dan tepung yang juga disajikan dalam makanan ini. Sementara itu, nama Bakwan Malang sendiri berasal dari nama kota tempat makanan ini pertama kali lahir.

2. Cwie Mie

Bagi Anda yang tinggal di luar w