APAKAH MADU ASLI BISA KADALUARSA ? - Tahukah kamu bahwa madu asli tidak ada masa kadaluarsa. Hal ini disebabkan 80% kandungan madu terdiri dari gula alami. Tingginya gula alami ini menghambat pertumbuhan berbagai jenis mikroba, seperti bakteri dan jamur.Selain itu, kandungan air dalam madu sangat sedikit yang membuat teksturnya sangat kental. Kekentalan ini membuat gula tidak dapat terfermentasi dan oksigen pun tidak mudah larut ke dalamnya. Dengan begitu, mikroba penyebab makanan busuk tidak dapat tumbuh

Madu juga memiliki kadar pH 4-5 yang menandakan bahwa cairan manis ini bersifat asam. Bakteri penyebab kontaminasi makanan tertentu seperti C. diphtheriae, E.coli, Streptococcus, dan Salmonella, tidak dapat tumbuh di lingkungan yang asam. Sifat asam inilah yang membuat madu bisa bertahan dalam waktu yang sangat lama.

Kemudian, madu murni memiliki enzim khusus bernama glukosa oksidase yang bekerja menekan pertumbuhan bakteri. Enzim tersebut terkandung secara alami dalam liur lebah yang kemudian dilarutkan ke dalam nektar (sari tanaman) selama masa produksi madu. Saat madu matang, proses kimia yang mengubah gula menjadi asam glukonat akan menghasilkan senyawa yang disebut dengan hidrogen peroksida. Senyawa ini memberikan madu sifat antibakteri dan antimikroba lainnya seperti polifenol dan flavonoid sehingga membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme penyebab makanan busuk.

Namun demikian, seiring waktu dan kaidah penyimpanan, Madu dapat menurun kualitasnya sehingga sebaiknya dikonsumsi sebelum tanggal yang tercantum pada kemasan dan disimpan sesuai dengan kaidah yang tepat

Sehat bersama Madu Perhutani

Madu murni berkualitas dari Pusat Perlebahan Nasional yang dikategorikan berdasarkan Nektar Bunga. Madu Perhutani sudah memiliki izin edar BPOM, sertifikat Halal MUI, dan lolos standar SNI Madu.

Jadi jangan salah pilih Madu. Pilih yang sudah pasti kualitasnya. Pilih Madu Perhutani

 

sumber artikel : https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/apakah-madu-bisa-basi/ 

 

(Kompers-09/06/2022)