ECONIQUE 22/09/2022 – Sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama Alih Kelola Bisnis Wisata Perum Perhutani kepada Econique (PT. Perhutani Alam Wisata) telah dilakukan kegiatan Sosialisasi dan Serah Terima Alih Kelola Objek Wisata Perum Perhutani lingkup Divisi Regional Jawa Tengah, Divisi Regional Jawa Timur, dan Divisi Ekowisata Kantor Pusat Perum Perhutani (KBM Ekowisata Jawa Timur) sebanyak total 26 lokasi wisata. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (21/09/2022) untuk area Jawa Tengah dan Kamis (22/09/2022) untuk area Jawa Timur bertempat di Kantor Divisi Regional Perum Perhutani.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Regional Jawa Tengah, Kepala Divisi Regional Jawa Timur, Direktur Utama Econique, Direktur Econique, GM / Administratur terkait dan narasumber untuk kegiatan sosialisasi dari kantor pusat Perum Perhutani yaitu Kepala Divisi Produksi untuk kegiatan sosialisasi di area Divisi Regional Jawa Tengah dan Kepala Divisi Ekowisata untuk kegiatan sosialisasi di area Divisi Regional Jawa Timur beserta KBM Ekowisata Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, masing-masing Kepala Divisi Regional memberikan sambutan dan menyatakan mendukung penuh kebijakan perusahaan serta menganggap bahwa Econique merupakan anak dari Perum Perhutani yang perlu dibesarkan. Hal senada disampaikan pula oleh Lucy Mardijana selaku Dirut Econique, dimana dalam sambutannya Lucy menyampaikan bahwa Econique pada mulanya memang sengaja dibentuk sebagai pilot project untuk selanjutnya dijadikan entitas pengelola lokasi wisata alam Perhutani sehingga apa yang terjadi saat ini sudah on the track dari rencana pengembangan perusahaan pada waktu itu. Lucy juga menyampaikan bahwa 99,6% saham Econique dimiliki oleh Perum Perhutani sehingga Econique dalam hal ini bukan merupakan pihak lain dan begitu pula kedepannya dalam pengelolaan wisata masih menggunakan sumber daya manusia dari Perum Perhutani melalui mekanisme Cross Talent. Lucy berharap proses alih kelola dapat berlangsung sesuai dengan tata waktu yang ditentukan sehingga dapat memenuhi KPI Perum Perhutani di Kementerian BUMN, melaksanakan amanah induk sebagai bagian dari RJPP Perum Perhutani, serta dapat segera melakukan proses asesmen untuk menjamin SDM yang ditugaskan kepada Econique memiliki kompetensi dan passion di bidang kelola wisata alam.

Terakhir Kepala Divisi Produksi dan Kepala Divisi Ekowisata Kantor Pusat Perhutani selaku narasumber kegiatan sosialisasi spin-off menyampaikan bahwa karyawan Perhutani yang ditugaskan kepada Econique masih tetap berstatus karyawan Perhutani dengan hak-hak yang masih melekat sesuai masa kerja dan jabatan ketika bekerja di Perhutani. Lebih jauh lagi, sesuai isi Perjanjian Kerja Bersama, karyawan Perhutani yang ditugaskan kepada anak perusahaan tidak boleh mendapatkan take home pay tahunan dan fasilitas yang lebih rendah dari yang didapat ketika masih bekerja di induk. Dalam sosialisasinya, narasumber menekankan bahwa kebijakan spin-off hanya mengalihkelolakan bisnis wisata dan tidak mengalihkan hak pengelolaan Kawasan dimana dalam operasionalnya Econique masih dapat memanfaatkan aset Perhutani dengan kompensasi sharing berdasarkan nilai penyusutan aset. Diharapkan kedepan, Econique sebagai Perseroan Terbatas mampu melakukan pengelolaan lokasi wisata alam dengan lebih profesional, tersistem, transparan, berintegritas dan memiliki jalur birokrasi lebih pendek sehingga mampu membesarkan bisnis wisata alam Perhutani dan meningkatkan pendapatan Perum Perhutani secara konsolidatif.

Acara Sosialisasi dan Serah Terima Alih Kelola Objek Wisata Perum Perhutani kepada Econique ditutup oleh Penandatangananan Berita Acara Serah Terima Usaha yang dilakukan oleh Direktur Utama Econique bersama Kepala Divisi Ekowisata Perum Perhutani, Kepala Divisi Regional Jawa Tengah, dan Kepala Divisi Regional Jawa Timur serta Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Fisik yang dilakukan oleh Direktur Econique bersama Administratur KPH Banyumas Timur, Administratur KPH Kedu Selatan, Administratur KPH Kedu Utara, Administratur KPH Semarang, Administratur KPH Surakarta, GM KBM Ekowisata Jawa Timur, Administratur KPH Jatirogo, Administratur KPH Lawu DS, Administratur KPH Banyuwangi Selatan. (Econique/Kompers)