ECONIQUE, mypalawi.com - Econique (PT. Perhutani Alam Wisata Risorsis) yang merupakan anak perusahaan dari Perum Perhutani kembali mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan kegiatan Perum Perhutani dan Kementerian BUMN yaitu Workshop Portal Human Capital BUMN. Acara ini berlangsung di Wana Wisata Coban Rondo, tepatnya di Coban Rondo Resort, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis hingga Jumat (20 - 21 Oktober 2022). Sejumlah pejabat dari Kementerian BUMN dan BUMN hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam wawancaranya, Direktur Utama Econique (PT. Perhutani Alam Wisata Risorsis), Lucy Mardijana Soebijakso atau yang akrab disapa Nana, mengatakan bahwa kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia Kementerian BUMN, Andus Winarno. Selain itu hadir pula Direktur SDM, Umum dan IT Perum Perhutani, M Deni Hermansyah. Workshop Human Capital BUMN diikuti oleh sejumlah Direktur, Vice Presedit, dan Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) dari delapan BUMN.

Antara lain yang hadir adalah Direktur SDM dan IT Perum Perhutani, Direktur Perum Jasa Tirta I, Direktur LPPNPI, Direktur Aviasi Indonesia, Direktur Human Capital Garuda Indonesia, Direktur SDM PTPN III, serta Human Capital dan General Affair dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC). Nana menjelaskan, seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini sejumlah 68 orang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan kegiatan workshop, BBQ, hiburan musik, kunjungan air terjun Coban Rondo, dan fun offroad. Dalam waktu luangnya, Peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi berbagai wahana petualangan di Coban Rondo seperti taman labirin, shooting target, dan e-bike. Selain menginap di Coban Rondo Resort, sebagian peserta menginap juga di Bobocabin yang merupakan mitra sinergi dari Econique.

Workshop Human Capital BUMN ini adalah kali keduanya diselenggarakan, sehingga merupakan kebanggaan tersendiri Wana Wisata Coban Rondo dipilih menjadi destinasi venue penyelenggaraan acara tersebut. Untuk penyelenggaraan kali pertama dihadiri oleh Wakil Menteri BUMN I Kementerian BUMN dengan topik bahasan "Upaya BUMN dalam Meningkatkan Performa Sumber Daya Manusia di Dalamnya" sedangkan untuk topik bahasan acara kali ini adalah perihal pembuatan sistem SDM digital (talent pool) yang ada di seluruh BUMN yang merupakan tindak lanjut dari arahan Menteri BUMN, Erick Thohir. Dengan adanya sistem talent pool SDM yang terintegrasi, terbentuk transparansi SDM antar BUMN dengan Kementerian BUMN atau dengan BUMN lainnya. (Ganjar/Kompers)