ECONIQUE - Econique (PT. Perhutani Alam Wisata) mengadakan acara pisah sambut pejabat di Sentul Eco Edu Tourism Forest pada tanggal 25 Oktober 2022. Acara pisah sambut ini merupakan bagian dari transformasi Struktur Organisasi Econique sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama Alih Kelola Pemanfaatan Jasa Lingkungan Wisata Alam antara Perum Perhutani dan PT. Perhutani Alam Wisata yang telah ditandatangani pada 15 Agustus 2022. Acara Pisah Sambut ini dihadiri juga oleh Amas Wijaya selaku Komisaris Econique dan Cahyo Kawedar selaku Direktur PT. Penggaron Sarana Semesta.

Dalam sambutannya, Lucy Mardijana Soebijakso selaku Direktur Utama Econique menyampaikan bahwa pada tahun 2022 telah dialihkelolakan sebanyak 26 objek wisata dan pada tahun 2023 akan dialihkelolakan sebanyak 21 objek wisata dari Perum perhutani selaku induk kepada Econique, sehingga telah dilakukan penyesuaian Struktur Organisasi baru sebagai bentuk penyesuaian dan upaya akselerasi memperhatikan Surat Direktur Utama Perum Perhutani No : 22/044.2/PP/2022 tanggal 15 september 2022 perihal Aspirasi Pemegang Saham. Struktur organisasi baru yang telah dirumuskan oleh Econique bersama Perum Perhutani mengacu kepada fungsi, semangat efisiensi, dan efektifitas kinerja dengan outputpengelolaan bisnis yang berkelanjutan.

Dalam kesempatannya, Lucy melepas Wawan Triwibowo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Operasional Econique dengan memberikan cinderamata berupa foto kolase testimonial karyawan/karyawati dan tumbler berhias foto kebersamaan selama Wawan menjabat di Econique. Wawan mengatakan bahwa selama mengabdi 3 tahun lebih di Econique telah banyak hal indah yang dialami bersama dan merasa tenang meninggalkan Econique karena saat ini Econique memiliki berbagai produk bisnis dengan karakteristik yang berbeda-beda sehingga jika terdapat situasi bisnis yang menyulitkan salah satu bisnis, akan justru mengangkat bisnis yang lainnya. 

Setelah itu Lucy juga berkesempatan untuk menyambut kehadiran pejabat baru yaitu Djohan Surjoputro sebagai Senior Executive Vice President Operasional, Sarwono sebagai Senior Executive Vice President Keuangan SDM dan Manajemen Risiko, serta Nuryanti Tripawestri sebagai General Manager Wilayah Timur dengan simbol penyerahan seragam Econique berwarna biru. Selanjutnya Djohan dan Sarwono diberi kesempatan untuk memberikan sambutan dimana dalam sambutannya, Djohan bercerita tentang pengalaman dalam memimpin di Perhutani hingga terakhir menjabat sebagai Wakil Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah dan sebagai administratur pernah menduduki posisi terbaik dalam salah satu bidang usahanya. Djohan menyampaikan bahwa Wawan selaku pimpinan bidang operasional sebelumnya telah melakukan hal yang baik sehingga Econique mampu bertahan melalui pandemi dan menetapkan standar yang tinggi untuk dikejar. Kendati demikian, Djohan yakin akan mampu mengejar standar tersebut bahkan melampauinya. Berikutnya Sarwono mengutarakan bahwa sudah cukup mengenal sistem dan SDM Econique bahkan dari sebelum kepindahan ke Econique khususnya di bidang yang terkait dengan keuangan sehingga penyesuaian dan pengembangan sistem keuangan dan SDM kedepan optimis akan berlangsung lebih cepat.

Suasana ramai mulai terasa ketika memasuki acara puncak yaitu kesan pesan dari perwakilan karyawan, penyerahan SK Promosi Mutasi, dan ditutup oleh kegiatan fun games untuk membangun kekompakan antar karyawan. (Ganjar / Kompers)