Berlibur adalah aktivitas yang paling tepat untuk melepaskan diri dari rutinitas. Bahkan dengan berlibur, kita dapat merasakan energi baru yang membuat kita lebih bersemangat menjalani keseharian.Bertepatan dengan Hari Raya Natal dan Tahun Baru, akhir tahun ialah waktu yang pas untuk liburan serta refreshing menyongsong tahun yang baru.

Namun sayangnya, liburan akhir tahun ini tidak semudah yang dibayangkan. Butuh persiapan yang lebih matang dan uang lebih banyak karena high season. Tentu Anda ingin liburan akhir tahun berjalan tanpa kendala. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan berbagai hal sebelum datang hari H. Berikut 6 tips yang perlu dilakukan agar liburan akhir tahun lebih menyenangkan:

1. Jaga Kesehatan

Tidak ada liburan yang menyenangkan jika dijalani dalam keadaan sakit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tetap menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama liburan. Hal paling sederhana yang dapat dilakukan yaitu meminum air putih dengan cukup untuk menjaga tingkat hidrasi di dalam tubuh. Selain itu, berolahraga ringan secara rutin seperti jogging atau jalan sehat.
Jangan lupa juga untuk menjaga pola makan dengan memakan banyak sayur dan buah. Hal-hal sederhana tersebut tentu akan membantu untuk menjaga stamina selama liburan tahun baru ini.

2. Atur Jadwal Berlibur

Hal lainnya yang harus Anda lakukan saat mempersiapkan liburan akhir tahun adalah menentukan jadwal. Dua hal yang perlu di pastikan yakni kapan dan berapa lama waktu liburan nanti. Pasalnya, Anda perlu menentukan jumlah hari cuti yang harus diajukan ke perusahaan tempat bekerja.
Menentukan jadwal liburan juga bisa membantu menyiapkan keperluan dengan lebih baik. Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan dana, memilih destinasi, serta memesan transportasi dan akomodasi, yang akan lebih membuat Anda yakin liburan akan berjalan sesuai rencana.

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan, Agar Perjalanan Tidak Terganggu

3. Persiapkan Budget dengan Matang dan Cermat

Liburan merupakan salah satu cara untuk menyegarkan otak dan relaksasi diri. Jangan sampai, pulang liburan justru menjadi stres karena dana liburan menguras habis tabungan. Oleh karena itu, perencanaan dana liburan harus dilakukan dengan matang.
Pertama, siapkan dana untuk kebutuhan primer seperti transportasi, penginapan, dan makanan. Selanjutnya, siapkan kebutuhan tersier liburan seperti tiket masuk atraksi dan oleh-oleh. Biasanya, kebutuhan tersier inilah yang kurang terencana dengan baik, sehingga memakan banyak budget liburan.

4. Tentukan Tujuan Berlibur

Setelah mengetahui dengan pasti berapa jumlah dana yang dialokasikan untuk liburan, saatnya menentukan destinasi mana yang tepat untuk dikunjungi. Bisa mulai bertanya pada diri sendiri, dimana Anda ingin menghabiskan liburan akhir tahun? Apakah pantai, gunung, atau hanya keliling kota. Pertanyaan selanjutnya, apa yang akan Anda lakukan disana? Berbelanja atau mengunjungi landmark wisata?
Jika sudah ditentukan, Anda bisa mengalokasikan budget yang tepat untuk liburan nanti. Jangan sampai memilih destinasi yang tidak sesuai kantong sehingga membuat Anda harus sangat berhemat dan tidak bisa menikmati masa liburan.

5. Bawa obat-obatan dan suplemen alami pribadi

Musim liburan sudah tiba. Selain pakaian dan makanan, kotak P3K dan daftar obat berikut ini jangan sampai ketinggalan untuk dibawa saat liburan. Apa sajakah itu? Sebelum berangkat liburan, pastikan dulu kalau Anda sudah mengemas berbagai perlengkapan yang harus dibawa. Selain pakaian dan makanan, kotak P3K serta daftar obat-obatan jangan sampai diabaikan. Kotak P3K menjadi benda penolong pertama saat terjadi insiden, cedera, atau luka ringan yang mungkin bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja saat liburan. Berikut adalah isi kotak P3K yang perlu Anda siapkan:

  1. Cairan pembersih luka antiseptik
  2. Plester luka
  3. Salep antijamur
  4. Salep antibiotik
  5. Lotion untuk gigitan nyamuk dan serangga
  6. Hand sanitizer
  7. Tisu basah antiseptik
  8. Alkohol 70%
  9. Lotion calamine
  10. Pinset
  11. Gunting kecil melengkung atau tidak memiliki ujung yang runcing dan digunakan memotong pakaian untuk cedera
  12. Peniti
  13. Tabir surya (sunscreen)
  14. Gel lidah buaya atau aloe vera untuk mengobati luka bakar
  15. Termometer digital
  16. Kapas atau kasa steril secukupnya

Selain itu, penting juga untuk membawa suplemen tambahan Madu Murni alami Madu Perhutani agar kesehatan dan kebugaran tubuh selalu terjaga. Untuk mencegah masuk angin, kamu sebaiknya membawa Minyak Kayu Putih Perhutani yang merupakan minyak kayu putih murni berkualitas dari kebun kayu putih di kawasan hutan Perum Perhutani. Untuk mempermudah dalam bepergian, Madu Perhutani tersedia dalam kemasan PET 170 gram dan Minyak Kayu Putih Perhutani tersedia dalam kemasan roll on. Manfaat madu murni untuk kesehatan secara umum sudah diketahui oleh banyak orang, namun tahukan kamu bahwa minyak kayu putih juga baik untuk kesehatah, khususnya untuk kamu yang sering bepergian. Manfaat dari Minyak Kayu Putih diantaranya :

  1. Meredakan batuk
  2. Melegakan dada
  3. Memperlancar pernafasan
  4. Meringankan gejala batuk
  5. Meringankan nyeri sendi dan masuk angin
  6. Menjauhkan serangga
  7. Melancarkan sirkulasi darah

6. Siapkan aplikasi Peduli Lindungi

PeduliLindungi adalah aplikasi pelacak Covid-19 yang digunakan secara resmi untuk pelacakan kontak digital di Indonesia. Aplikasi ini dikembangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian BUMN. Siapkan aplikasi tersebut pada ponsel anda, dikarenakan banyak dari destinasi wisata yang mewajibkan pengunjungnya untuk melakukan scan barcode Peduli Lindungi terlebih dahulu sebelum memasuki area wisata.


Itulah 6 tips bagi kamu yang akan mempersiapkan liburan di periode Natal dan Tahun baru. Happy holidays (Ganjar / Kompers)