Sorot Balik 2022 dan Rencana 2023. Move Faster and Rise Stronger in 2023

 

https://mypalawi.com/articles/detail/32/Sorot-Balik-2022-dan-Rencana-2023-Kick-Off-RKAP-Komitmen-Econique-Perhutani-Alam-Wisata-Tahun-2023 

*Sorot Balik 2022 dan Rencana 2023. Move Faster and Rise Stronger in 2023*

Econique Perhutani ALam Wisata telah melaksanakan Kick Off Meeting RKAP Komitmen dan Rencana Strategis tahun 2023 pada kamis - jumat (02-03 Februari 2023) dengan tajuk acara "Sorot Balik 2022 dan Rencana 2023" bertempat di Wana Wisata Baturraden, Purwokerto. Kegiatan yang dilakukan secara hybrid ini dipimpin oleh Direktur Utama, SEVP Operasional, SEVP Keuangan dan dihadiri oleh Komisaris beserta jajaran dari Unit Bisnis, Sub Unit Bisnis, dan supporting.

Penyusunan RKAP Komitmen merupakan agenda tahunan yang dilakukan Perusahaan dalam rangka menjabarkan rencana kedalam program kerja dan proyeksi keuangan yang lebih detil di dalam jangka waktu satu tahun. Penyusunan RKAP Komitmen tahun 2023 ditargetkan untuk mengamankan bahkan melampaui target RKAP yang telah disusun Perum Perhutani selaku induk.

Dalam kata sambutannya, Direktur Utama Econique Perhutani Alam Wisata mengapresiasi kinerja seluruh karyawan karena hanya dalam tempo 3 bulan saja mampu menciptakan trend rerata pendapatan yang lebih baik serta membuku pendapatan diatas RKAP dan prognosa. Hal tersebut dapat dicapai dengan niat baik, ketulusan, integritas dan keikhlasan dari seluruh elemen sehingga tantangan pada tiga bulan terakhir tahun 2022 dapat diatasi. Prestasi tersebut merupakan landasan untuk membangun Econique menjadi rumah bersama dan rumah masa depan sebagai pengelola wisata alam yang besar dan profesional. 

Kemudian pada kesempatannya, Komisaris Econique Amas Wijaya turut menyampaikan bahwa jargon "Sinergi" yang melekat pada Econique harus mampu diterapkan secara internal terlebih dahulu sebelum selanjutnya dapat diimplementasikan secara eksternal. Karena jika secara internal seluruh bagian sudah dapat bergerak sinergi, maka tantangan eksternal akan lebih mudah untuk diatasi.

Bukan Econique kalau acara hanya diisi kegiatan rapat serius saja! 

Kegiatan kali ini dimeriahkan sesi motivasi dengan narasumber profesional yang telah memiliki sertifikasi trainer dari John C Maxwell, Parlindungan Marpaung. Dalam materinya, Parlindungan menekan agar tata nilai Sinergi dan tagline acara "Move faster & Rise Stronger" dapat diimplementasikan dalam keseharian pekerjaan untuk mencapai sukses perusahaan yang pada akhirnya akan berdampak pula pada kesejahteraan karyawan. Sesi motivasi diakhir oleh permainan angklung interaktif dengan filosofi kekompakan dan berbagi peran dalam sebuah kesatuan harmoni irama.

Acara kemudian dilanjutkan oleh arahan dari SEVP Operasional dan SEVP SDM & Keuangan serta pemaparan strategi dari masing-masing Unit Bisnis. 

Pada sesi arahannya, SEVP Operasional Djohan Surjoputro menyampaikan bahwa pengawalan terhadap alih kelola lokasi wisata harus dilakukan secara intensif dengan menggabungkan sumber daya milik perusahaan dengan lingkungan bisnis sehingga didapatkan respon strategis yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, Time Bound) selaras dengan tagline perusahaan tahun 2023 yaitu "Sinergitas, Soliditas, dan Kualitas". Adapun yang menjadi kebijakan program prioritas operasional pada tahun 2023 adalah kebijakan zero tiket sobek, validasi transaksi, penetapan wisata rintisan menjadi wana wisata, deliniasi dan perluasan lokasi pareto, lokasi wisata zero accident, manajemen ririsko, implementasi SOP / Instruksi Kerja, Sertifikasi CHSE, Sertifikasi sistem manajemen mutu ISO 9002 : 2015, penyusunan kajian bisnis / pemasaran, sinergi dengan OTA, dan pembenahan bisnis dalam kawasan.

Selanjutnya SEVP SDM & Keuangan, Sarwono, pada sesinya menegaskan kembali terkait alur keuangan agar dapat ditempuh sesuai dengan prosedur dan tata waktu khususnya timeline pengajuan uang kerja serta larangan penggunaan uang pendapatan untuk operasional. Dari sisi kelola SDM, Sarwono menyampaikan bahwa kemampuan generatif perusahaan masih terbilang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada bertambahnya nilai kontribusi SDM dari tahun ke tahun serta terdapat penambahan karyawan pada rentang usia millenials dan gen-z sehingga diharapkan perusahaan dapat tumbuh lebih baik dan lebih adaptif terhadap kebaruan.

Kegiatan hari pertama ditutup oleh pemaparan rencana strategi dari General Manager Bisnis Wisata Wilayah Timur, General Manager KBM Ekowisata, Segenap Manager Kluster, dan Site Manager. Usulan dari Unit Bisnis telah direkap dan akan dibahas lebih lanjut di tingkat manajemen.

Hari ke-dua diawali dengan senam pagi bersama untuk me-refresh badan dan pikiran peserta rapat serta lebih mendekatkan antar satu sama lain. Acara kemudian berlanjut pada sesi pelatihan analisa beban kerja dengan Narasumber Davita Variani. Kegiatan hari ke-dua ditutup dengan dilakukannya penandatanganan RKAP Komitmen oleh masing-masing pimpinan Unit Bisnis dan Sub Unit Bisnis serta penandatanganan SK tunjangan operasional dan tunjangan kemahalan oleh Direktur Utama.

Econique Perhutani Alam Wisata merupakan entitas yang selalu bergerak progresif dan hal tersebut berlaku pula bagi karyawan di dalamnya. Untuk mewujudkan hal tersebut, pada penutup acara, Manajemen Econique memberikan apresiasi berupa uang pembinaan kepada karyawan terbaik dan lokasi wisata dengan kinerja terbaik. Selain itu manajemen juga menyerahkan SK Pengangkatan sebagai Pegawai Tetap kepada karyawan kontrak sebagai wujud apresiasi terhadap kinerja dan performa baik dari yang bersangkutan. (Ganjar / Kompers)