Berkemah di musim penghujan bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan jika Anda siap dengan beberapa tips dan trik yang tepat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memiliki pengalaman berkemah yang menyenangkan dan aman saat musim penghujan:

  1. Bawa perlengkapan yang tepat: Membawa tenda yang tahan air dan bahan pemasok air untuk memastikan Anda tetap kering dan sehat selama berkemah.
  2. Pilih lokasi berkemah yang baik: Carilah lokasi berkemah yang memiliki dasar yang kering dan terlindung dari hujan lebat. Jauhkan tenda dari sungai atau danau agar tidak terkena banjir.
  3. Atur tata letak tenda dengan baik: Letakkan tenda dengan bagian depan menghadap ke arah yang berlawanan dengan arah angin dan hujan. Ini akan membantu menjaga tenda tetap kering dan meminimalisir resiko terendam air.
  4. Persiapkan sumber panas: Bawa beberapa bahan bakar dan peralatan memasak untuk memastikan Anda bisa memasak makanan dan membuat minuman hangat selama berkemah.
  5. Pakai pakaian yang tepat: Memakai pakaian yang cepat kering dan memiliki lapisan luar yang tahan air akan membantu Anda tetap kering dan nyaman saat musim hujan.
  6. Jaga kesehatan: Pastikan untuk membawa obat-obatan dan peralatan pertolongan pertama untuk memastikan Anda selalu siap mengatasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memastikan pengalaman berkemah Anda di musim penghujan tetap menyenangkan dan aman. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan selalu memperhatikan situasi cuaca sebelum berangkat berkemah.

Berikut lokasi yang bisa menjadi referensi kamu ketika akan berkemah :

  • Ranca Upas, Ciwidey, Kab. Bandung (IG @ranca_upas) : Area berkemah luas dengan berbagai tipe camp seperti camp reguler, campervan area, dan glamping Igloocamp
  • Kawah Putih, Ciwidey, Kab. Bandung (IG @kawahputih_official) : Kawah Putih ada area campnya juga loh, namanya Apache Camp. Disini fasilitas yang disuguhkan sudah lengkap jadi kamu tinggal perlengkapan pribadi saja
  • Cikole Jayagiri Resort & Green Grass, Lembang, Kab. Bandung Barat (@cikolejayagiri_resort & @greengrass_cikole) : Sama seperti rancaupas, di CJR dan Green Grass juga terdapat area berkemah yang luas dengan latar belakang barisan pohon pinus yang cantik. Tersedia tipe kemah reguler dan campervan area
  • Coban Rondo, Batu, Kab. Malang (IG @cobanrondomalang) : Coban Rondo merupakan lokasi wisata yang sudah berbentuk estate dimana didalamnya terdapat banyak sekali ragam aktifitas. Untuk camping tersedia space hingga 10 ribu orang loh. Terdapat juga opsi akomodasi lainnya seperti resort dan bobocabin
  • Wana Wisata Baturraden, Purwokerto (IG @baturadenpalawi) : Baturraden yang berlokasi di kaki gunung slamet menyediakan sarana camping sekaligus sumber air panas yang bisa membuat liburan kamu lebih rileks

Sebetulnya masih banyak lokasi lainnya yang bisa menjadi rekomendasi lokasi berkemah. Untuk informasi lebih lanjut tentang lokasi wisata alam dibawah pengelolaan Econique Perhutani Alam Wisata, kamu bisa langsung follow / DM akun Instagram @perhutani.alamwisata (Ganjar/Kompers)