Baturaden, salah satu daerah yang berada di Purwokerto menyimpan potensi alam yang sangat indah, letaknya yang berada di kaki Gunung Slamet menjadi sebuah kawasan yang memiliki keindahan alam yang mampu dijadikan daya tarik wisata. Nama Baturaden tentu saja memiliki cerita sejarah, konon dulu merupakan percintaan antara seorang abdi dengan seorang putri adipati, karena kisah cintanya tidak direstui keduanya melarikan diri lalu menikah dan menetap disebuah desa, konon dari desa inilah kisah ini menjadi sebuah nama Baturaden yang diambil dari kata Batur yang artinya abdi dan keturunan Raden yang menunjukkan keturunan adipati.

Bagi kalangan masyarakat Jawa Tengah beberapa pasti sudah pernah mengunjungi Baturaden, namun bagi saya ini adalah kunjungan yang pertama sejak dari kecil. Cerita-cerita keindahan Baturaden senantiasa saya dapat dari beberapa teman dan kerabat, dan saya membuktikan sendiri betapa indahnya pesona alam di Baturaden.

Tidak banyak tempat di Baturaden yang saya kunjungi, namun ada beberapa tempat yang sangat saya rekomendasikan bagi anda yang suka dengan traveling dan outbond. Salah satu kawasan wisata outbond yang menarik dan wajib untuk dikunjungi adalah di Wana Wisata Palawi, Baturaden . Kita dapat menikmati hamparan keindahan pohon-pohon besar yang hijau, udara yang sejuk ketika pertama masuk ke kawasan tersebut. Sungguh keindahan yang membuat mata saya tidak berkedip menikmati setiap hembusan udara serta pemandangan yang indah. Untuk tarif masuk kita dikenakan biaya Rp.20.000belum termasuk parkir.

Kebetulan hari itu saya datang ke beserta rombongan dari Kota Pekalongan sehingga tiket tidak dibebankan, karena kami membayar sepenuhnya kepada biro tour untuk mengantar dan memberikan pelayanan wisata kepada kami ketika di Baturaden. Oiya, saya juga sangat merekomendasi bagi anda yang ingin menggunakan Jasa Biro Tour, di Baturaden ada beberapa biro yang bisa menjadi mitra perjalanan anda.Di Palawi banyak berbagai macam wana wisata seperti : Camping Ground, Jungle Trekking, Flying Fox, Outbond, Tubbing, Curug, Kebun Bibit Tanaman, serta beberapa spesies kebun binatang mini.

Sungguh indah bukan wisata di Palawi, kita dapat melihat berbagai macam obyek wisata yang menarik perhatian kita. Namun, tidak hanya keindahan tersebut yang dapat kita nikmati karena di Palawi, Baturaden kita juga dapat melakukan kegiatan Outbond. Kegiatan outbond menjadi sarana bagi kita untuk dapat mengasah kekompakan dan kerjasama kepada teman atau rekan kita. Di Palawi seringkali menjadi sarana bagi sebuah kantor/instansi, akademi/sekolah untuk berkegiatan outbond, disamping memiliki alam yang indah namun juga adanya instruktur yang mampu memberikan motivasi, pelatihan dan semangat dalam setiap kegiatan outbond yang dilaksanakan. Kebetulan saya datang beserta rombongan ke Palawi salah satunya adalah untuk mengikuti kegiatan Outbond.