Dalam dunia bisnis yang terus berubah, inovasi adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang. Dalam artikel ini, kami akan menggali inovasi terbaru yang dikomandoi oleh Direktur Utama kami, Lucy Mardijana Soebijakso, dan ditangani oleh tim yang berbakat, termasuk Rurin, Eka Sumaryadi, dan Raden Ganjar Gardiaputra Sudjata. Inovasi ini melibatkan pengembangan Digital Supply Chain Madu Perhutani melalui implementasi Sistem Command Center Terpadu Online dan penambahan channel penjualan seperti Teras Palawi Partner dan Apotek Kimia Farma.

Deskripsi Produk Madu Perhutani

Madu Perhutani adalah produk unggulan yang merupakan madu murni, alami, dan berkualitas tinggi. Madu ini dihasilkan dari lebah Apis mellifera dan dikemas secara higienis. Madu Perhutani dikelompokkan berdasarkan sumber nektar bunga yang digunakan oleh lebah sebagai sumber pakan. Produk ini memenuhi persyaratan SNI Madu No.8664 tahun 2018 dan memiliki kadar air yang rendah, menjadikannya produk berkualitas tinggi yang terbebas dari bakteri dan jamur. Madu Perhutani telah lulus uji laboratorium akreditasi KAN, bersertifikat Halal MUI, dan terdaftar di BPOM RI.

Jumlah Outlet dan Latar Belakang Inovasi

Sebelum inovasi ini, Madu Perhutani telah memiliki sejumlah outlet, termasuk Teras Palawi dan Teras Palawi Partner, serta tersedia di 568 Apotik Kimia Farma di Pulau Jawa dan Medan. Namun, selama pandemi, permintaan akan suplemen peningkat imunitas meningkat secara signifikan. Permintaan tersebut datang dari daerah-daerah yang belum terjangkau oleh outlet Teras Palawi, sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Target Inovasi dan Strategi

Inovasi ini bertujuan untuk mengubah pendekatan dari hanya memperbanyak outlet menjadi memperkuat dan memperluas jaringan pemasaran dan penjualan. Dengan menggandeng sebanyak mungkin anggota, mitra apotik Kimia Farma, dan Teras Palawi Partner, Madu Perhutani akan memiliki lebih banyak kaki pemasaran yang dapat mencapai pelanggan di berbagai daerah.
Sistem Command Center Terpadu Online akan menjadi tulang punggung inovasi ini, memungkinkan koordinasi yang efisien antara berbagai channel penjualan. Tim kami, di bawah bimbingan Lucy Mardijana Soebijakso, akan fokus pada peningkatan kapasitas produksi, strategi pemasaran produk, pemasaran konten, penyusunan kampanye promosi, serta pemantauan dan pelaporan kinerja.
Dengan pendekatan ini, kami akan menyediakan "senjata ampuh" kepada para frontliner, termasuk Teras Palawi, Teras Palawi Partner, Mitra Kimia Farma, dan anggota kami, untuk melakukan penjualan dengan baik. Kami juga akan memiliki sistem kendali produksi dan distribusi Madu Perhutani yang lebih baik.

Dampak Inovasi dan Tujuan

Dampak positif yang diharapkan dari inovasi ini termasuk peningkatan trust dan awareness merek, peningkatan taraf kesehatan masyarakat Indonesia, dan pemenuhan kebutuhan pelanggan yang semakin luas. Kami berkomitmen untuk terus memajukan bisnis Madu Perhutani dan berperan dalam mendukung kesejahteraan masyarakat melalui produk berkualitas tinggi dan layanan yang unggul.
Dalam menghadapi tantangan dan peluang dalam bisnis pengelolaan Madu Perhutani, kami akan terus berinovasi dan berkembang. Transformasi melalui Sistem Command Center Terpadu Online dan diversifikasi channel penjualan adalah langkah maju yang akan membawa manfaat besar bagi bisnis dan pelanggan kami. Selamat menyambut masa depan yang lebih cerah dalam upaya meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.