Ciwidey, 9 Oktober 2023 - Astrotourism, atau wisata astronomi, adalah aktivitas yang memungkinkan kita untuk memahami dan mengapresiasi keindahan alam semesta. Pengalaman ini dipicu oleh kekaguman kita terhadap pemandangan langit malam yang cerah, penuh dengan bintang yang gemerlap. Wisata astronomi tidak hanya sebatas melihat langit yang indah di malam hari, tetapi juga mencakup kunjungan ke observatorium dan planetarium untuk lebih mendalami rahasia alam semesta.

Indonesia, dengan langit yang jernih dan minim polusi cahaya, menjadi salah satu tempat yang ideal untuk astrotourism. Salah satu destinasi unggulan untuk pengalaman ini adalah Wana Wisata Kawah Putih, yang terletak di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kawah Putih merupakan kawasan dengan tingkat polusi cahaya yang rendah, memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan langit malam dengan lebih jelas.

Kegiatan astrotourism di puncak Sunan Ibu dapat dinikmati menjelang dini hari, terutama pada malam-malam cerah. Pengunjung dapat menyaksikan gemerlap bintang dengan mata telanjang atau membawa kamera dan tripod untuk mengambil foto langit menggunakan teknik long exposure. Tidak hanya itu, pengalaman astrotourism di Kawah Putih juga mencakup penyaksian matahari terbit yang menakjubkan. Dalam cahaya pagi yang indah, Gunung Patuha dan danau Kawah Putih kebiruan mampu menghipnotis pengunjung yang menyaksikannya.

Sunan Ibu, Kawah Putih, adalah tempat yang sempurna untuk mereka yang ingin merasakan keajaiban alam semesta sambil menikmati keindahan matahari terbit. Wisata astrotourism di tempat ini memungkinkan kita untuk lebih dekat dengan langit dan alam semesta. Sesuatu yang sangat sulit kita lakukan di perkotaan. (Kom-PLW/ABWWB/Gan/2023)