JAKARTA, ECONIQUE (10/10/2023) Dalam upaya untuk memastikan pengelolaan wisata alam yang berkelanjutan, Standar Nasional Indonesia (SNI) 8013:2014 Pengelolaan Pariwisata Alam telah menjadi panduan utama. Standar ini menetapkan prinsip, kriteria, dan indikator untuk pengelolaan pariwisata alam di kawasan hutan dan area lainnya dengan prinsip-prinsip pariwisata alam. SNI 8013:2014 merupakan panduan yang penting bagi pemangku kepentingan dalam menjaga keberlanjutan pengelolaan wisata alam.

Econique Perhutani Alam Wisata, sebagai pengelola lebih dari 50 lokasi wisata alam Perum Perhutani yang tersebar di Pulau Jawa, mengakui pentingnya mematuhi SNI 8013:2014. Pengelolaan wisata alam yang berkelanjutan adalah inti dari visi Econique Perhutani Alam Wisata dan hal ini dibuktikan melalui penyerahan sertifikat SNI 8013:2014 untuk lokasi wisata Kawah Putih, Galunggung, Curug Cilember, Dlundung, dan Tanjung Papuma yang dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Oktober 2023. Hal ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan Econique untuk mewujudkan pengelolaan wisata alam yang lebih profesional dan berkelanjutan.

Sertifikat diserahkan oleh lembaga sertifikasi PT. Mutu Agung Lestari yang diwakili oleh Isyana Dewi selaku Vice President Sub Div OP 2 PIJP PT Mutuagung Lestari kepada Sekretaris Perusahaan Econique Perhutani Alam Wisata Ronald F Silaen bertempat di Kantor Pusat Econique Perhutani Alam Wisata.

Sekretaris Perusahaan Econique Perhutani Alam Wisata, Ronald F Silaen menyampaikan bahwa sertifikat ini bukan hanya mengenai kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga tentang tanggung jawab sosial dan lingkungan serta membangun citra positif kelola wisata alam kepada masyarakat. "Kami berharap standar SNI 8013:2014 akan berdampak positif pada lingkungan, masyarakat sekitar, dan juga pengunjung. Pengelolaan wisata alam yang berkelanjutan tidak hanya melindungi alam, tetapi juga memastikan bahwa destinasi ini akan tetap menarik bagi generasi mendatang".

Dalam mengikuti pedoman SNI 8013:2014, Econique Perhutani Alam Wisata berusaha untuk melindungi ekosistem alam dan keanekaragaman hayati, melakukan pemberdayaan masyarakat melalui pemberdayaan komunitas lokal, dan menyediakan pengalaman pengunjung yang berkualitas. Melalui standarisasi sistem pengelolaan, Econique Perhutani Alam Wisata berharap dapat membuka jalan menuju masa depan yang lebih baik dalam pengelolaan bisnis wisata alam. Pengelolaan yang berkelanjutan akan memberikan manfaat jangka panjang bagi semua pihak yang terlibat, dari lingkungan alam hingga masyarakat lokal dan pengunjung