Cikole, 20 Oktober 2023 - Suasana hutan pinus yang segar dan semilir angin sejuk Cikole menjadi saksi bagi terselenggaranya event The Groovy Night, sebuah event musik dan barbeque yang berlangsung pada Jumat, 20 Oktober 2023. Bertempat di Tangkal Pinus, acara ini menyuguhkan malam yang penuh keceriaan dengan musik live dan aroma panggangan daging yang lezat.

Acara yang diselenggarakan di lokasi wisata Tangkal Pinus memiliki daya tarik tersendiri. Bertempat di antara hutan pinus yang masih muda dan dikelilingi oleh aroma harum kopi. Titik Venue event berlokasi bersebelahan dengan Cafe Rintik dan Langit sehingga mempermudah pengunjung untuk memesan makanan dan minuman hangat sebagai penangkal dinginnya udara di malam tersebut.

Acara musik dimulai pukul 18.30 dengan penampilan pertama dari Teacoustic, diikuti oleh Denny & Friends, dan ditutup kembali oleh Teacoustic. Kedua band bintang tamu ini membawakan berbagai lagu dari era kenamaan hingga hits terkini, termasuk mencoba genre dangdut yang menggoyang suasana. Tak heran jika pengunjung dengan riang berjoged di depan panggung, menikmati dentuman musik yang memikat.

Koordinator Madya Keasdepan Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN, Teddy Purnama, dengan antusias mengungkapkan kesan positifnya setelah acara berakhir, "Kalian tadi enjoy? Kalo saya sih asik banget. Ini sesuatu yang tidak bisa ditemukan di Jakarta." Ucapannya mencerminkan kebahagiaan dan pengalaman tak biasa yang dihadirkan oleh The Groovy Night.

Sedangkan pengelola dari lokasi wisata Tangkal Pinus, Astrid Rijker selaku organizer acara, pada kesempatannya mengatakan "Kami sangat bangga atas kolaborasi yang luar biasa antara Perhutani, Econique Perhutani Alam Wisata, dan Tangkal Pinus. Sinergi ini telah menciptakan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung wisata pada malam ini. Acara musik dan barbeque di tengah hutan pinus Cikole merupakan langkah tepat dalam menciptakan efek sinergi yang mendukung kesesuaian peraturan dan keselamatan pengunjung sekaligus menciptakan pengalaman positif bagi pengunjung wisata".

Event The Groovy Night dihadiri oleh sekitar 70 hingga 100 pengunjung, jumlah yang cukup mengesankan mengingat keterbatasan ruang dan jam buka wisata harian yang hanya hingga pukul 17.00. Event ini juga berdampak positif pada peningkatan eksposur di media sosial dimana teaser video event yang diunggah di media sosial Instagram milik Econique dan Tangkal Pinus mampu menjangkau lebih dari 8,4 ribu pengguna.

Terakhir, Direktur Utama Econique Perhutani Alam Wisata, Lucy mardijana Soebijakso selaku penggagas dan co-organizer acara, ditemui pada acara menyampaikan bahwa event The Groovy Night kami gagas untuk membantu mengangkat profil lokasi wisata Cluster Cikole khususnya lokasi wisata Tangkal Pinus serta untuk menciptakan ruang interaksi antara regulator dan pelaku bisnis. Lucy berharap kedepan lokasi wisata Cluster Cikole akan semakin ramai sehingga berdampak pada terciptanya pertumbuhan nilai tambah bagi semua pihak termasuk diantaranya pelaku ekonomi lokal.

Groovy Night telah membuktikan bahwa musik, daging panggang, dan alam yang indah adalah kombinasi sempurna untuk menciptakan malam yang penuh kebahagiaan. Acara ini juga telah berhasil meningkatkan daya tarik Tangkal Pinus dan Cluster Cikole sebagai destinasi wisata unggulan di daerah Bandung Utara yang patut dikunjungi. (Kom-PLW/ABWWB/Gan/2023)