Tidak hanya terkenal karena keajaiban alamnya, Baturaden juga dikenal karena keindahan dan ketenangan vilanya.

Villa di baturaden, hotel di baturaden

Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata 'Baturraden?' Salah satu jawaban paling umum mungkin tentang Baturaden sebagai salah satu objek wisata paling banyak dikunjungi di Jawa Tengah – tentu saja ini tidak sepenuhnya salah, namun tahukah Anda bahwa ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan di Baturraden? Sebelum kita membahas hal ini lebih lanjut, mari kita lihat dulu kisah singkat mengenai legenda Baturraden.

Menurut legenda, kata 'Baturraden' lahir dari kisah cinta antara putri Raja dan seorang pemuda yang bekerja di istana. Pada masa itu, sangat tidak mungkin bagi seseorang dari kasta tinggi untuk memiliki hubungan dengan seseorang dari kasta yang lebih rendah. Tapi, tentu saja, hal ini tidak menyurutkan niat mereka untuk menyatakan cinta pada satu sama lain, sebelum akhirnya mereka menikah tanpa adanya restu orangtua. Bertahun-tahun berlalu, anak pertama mereka pun lahir dan mendengar hal ini sang Raja menginginkan putrinya untuk kembali ke istana dengan cara apapun. Sang putri pun menolak dan inilah yang menjadi awal tragedy yang menimpa sang suami – ia tewas ditikam mertuanya sendiri. Kata 'Baturaden' sendiri berasal dari kata Batur yang berarti 'pelayan' dan Raden 'bangsawan / bangsawan.'

Sama seperti tempat wisata alam di sekitar Jawa Tengah, legenda menjadi salah satu keunikan yang memikat pengunjung untuk menghabiskan liburan mereka di sana - Baturraden tidak jauh berbeda nasibnya. Namun, tentu saja, Baturraden tidak hanya menawarkan keindahan alam semata, tapi juga pengalaman liburan unik bagi pengunjung yang ingin menghabiskan hari-hari mereka dalam dekapan alam yang tenang. Di tahun 2017, Palawi Resort secara resmi membuka fasilitas resort-nya sebagai sarana untuk melengkapi keberadaan objek wisata Baturraden. Nah, jika Anda berencana menghabiskan liburan di Baturraden, kini Anda juga bisa menghabiskan malam di salah satu tempat wisata alam terindah di Jawa Tengah ini!

Setelah menghabiskan waktu seharian untuk menjelajahi Baturraden, pastinya Anda akan dihinggapi rasa lelah. Jika sudah seperti ini, tidak ada yang lebih menyenangkan selain bersantai di tengah sejuknya alam Jawa Tengah atau mungkin bermalam di tempat ini. Inilah yang menjadi keunikan tersendiri dari Baturraden dibandingkan kawasan wisata alam lainnya. Sejak tahun 2002, Palawi Resort mulai mengembangkan fasilitas penginapannya yang memiliki lebih dari 10 fasilitas pendukung – mulai dari ruang rapat, ruang tamu yang luas, pilihan air panas dan dingin, hingga paket outbound yang pastinya menyenangkan!

Tidak perlu diragukan lagi, Baturraden bukan hanya sekedar objek wisata alam yang indah dan menyenangkan, tapi tempat ini juga dapat menjadi pilihan sempurna bagi Anda, keluarga, dan rekan kerja yang ingin melarikan diri dari bisingnya perkotaan.