Pancuran 7 Baturraden

Description

Tak banyak Petualang yang tau dimana Pancuran Pitu berada, namun ketika disebut Baturaden, maka hal pertama yang menjadi angan-angan adalah salah satu wisata alam yang ada di Jawa Tengah, lebih tepatnya di Kabupaten Banyumas. Pancuran Pitu berasal dari bahasa Jawa, pancuran berarti air terjun (water fall) dan pitu berarti tujuh. Jadi Pancuran Pitu artinya sebuah air terjun yang berjumlah tujuh. Mengingat ini adalah sebuah eksotisme alam, bukan berarti obyek wisata Pancuran Pitu memiliki grojogan yang tinggi. Pancuran Pitu memiliki tinggi air tajuh sekitar 1 meter, yang menarik dari Pancuran Pitu adalah tujuh buah lengkungan air terjun yang tercipta akibat aliran air panas (belerang) secara terus menerus.

Pancuran Pitu terletak di bukit Gunung  Slamet, sekitar 5km dari pertigaan jalan Baturaden ke arah kanan. Jalan yang berkelok dan tikungan tajam membuat Pancuran Pitu susah untuk “didaki” dengan kendaraan biasa.  Namun mudah untuk diakses dengan jalan kaki dadi parkir pintu masuk. Di area Pancuran Pitu terdapat eksotisme alam yang lain seperti Tebing Selirang dan Telaga Sunyi (Petualangan Selanjutnya). Kondisi jalan yang menukik dan beraspal keras dirasakan oleh semua Petualang yang hendak menuju Pancuran Pitu, namun itu tidak menyurutkan untuk tetap mendaki melewati jalan-jalan sempit bukit Gunung Slamet. Untuk Petualang yang berjalan kaki bisa melewati jalan setapak langsung menuju pintu masuk atau parkir atas Pancuran Pitu dan melanjutkan menuruni tangga demi tangga menuju Pancuran Pitu.

Perjalanan dari tiket masuk atau parkir bawah, Petualang akan menemukan eksotisme alam yang masih alami, walaupun beragam ekosistem tumbuhan merupakan tamanan industri seperti Damar. Damar merupakan pohon yang secara industri diambil getahnya (resin). Getah pohon Damar sendiri merupakan bahan pokok  untuk pernis, cat, tinta, kemenyan dan kosmetik. Dan Petualang akan banyak menemukan pohon Damar disepanjang perjalanan menuju Pancuran Pitu. Beragam tanaman juga menyebar disepanjang perjalanan seperti paku-pakuan dan bunga-bunga yang menarik yang sengaja ditaman oleh Perhutani sebagai keindahan.

 

Instagram photos feed


Location