Gunung Selok, Adipala, Cilacap

Description

Gunung Selok, yang terletak di Cilacap, Jawa Tengah, adalah salah satu destinasi liburan alam yang sangat menyenangkan. Gunung ini memiliki pemandangan alam yang mempesona dan banyak aktivitas menyenangkan bagi para pengunjung.

Untuk sampai ke Gunung Selok, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 2 jam dari kota Cilacap. Saat sampai di puncak gunung, Anda akan disambut dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk. Ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pemandangan alam dan melakukan aktivitas seperti berkemah, berjalan-jalan, dan berolahraga.

Air laut di pantai seringkali pasang, sehingga untuk sampai ke kaki gunung harus lewat jembatan. Tak sedikit orang datang berziarah maupun bersemadi di dua lokasi tersebut. Mereka yang datang berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari warga biasa sampai pejabat. Bahkan, Presiden kedua RI Soeharto disebut-sebut pernah ke dua gunung itu.

Gunung ini dikenal sebagai tempat spiritual serba ada. Mulai dari ziarah makam sampai tempat berdoa berbagai agama dan kepercayaan. Mulai dari Kejawen, Buddha, Hindu maupun Islam. Di pintu masuk terdapat patung Buddha. Tak jauh dari situ, ada ruangan terbuka dan batu bertuliskan Dampu Awang. Kuncen Gunung Srandil, Agus mengatakan Dampu Awang dikenal sebagai panembahan atau orang yang disembah oleh orang-orang yang hendak atau sedang berbisnis. Di dekat Makam Dampu Awang, ada pula makam yang dipercaya sebagai Raja Monyet Suwing. Ada pula makam pusaka serta makam dewi pertanian, Dewi Rani Dewi Sri.

Selain daya tarik spiritual, Gunung Selok juga memiliki banyak trekking yang menantang bagi para pecinta alam. Anda dapat menjelajahi hutan lebat dan menikmati pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan. Ini adalah kesempatan yang baik untuk berinteraksi dengan alam dan melepaskan stres dari aktivitas sehari-hari.

Jika Anda ingin mencoba sesuatu yang baru, Anda juga dapat mencoba aktivitas paralayang di Gunung Selok. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan membuat Anda terbang di atas pemandangan alam yang mempesona.

Untuk memaksimalkan liburan Anda di Gunung Selok, sangat disarankan untuk datang pada musim kemarau. Pada musim ini, pemandangan alam di sekitar gunung sangat indah dan membuat liburan Anda semakin memuaskan.

Gunung Selok adalah destinasi liburan alam yang sempurna bagi mereka yang mencari petualangan baru dan ingin menikmati pemandangan alam yang indah. Jangan ragu untuk mengunjungi lokasi ini dan membuat kenangan yang tak terlupakan.

Foto dari Akun Instagram : @edelin_fortuna

(Ganjar / Kompers)

Instagram photos feed


Location