Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Description

Banyuwangi memiliki beberapa objek wisata pantai. Salah satu pantai yang menjadi populer di kalangan wisatawan adalah Pantai Pulau Merah. Pantai Pulau Merah menawarkan pemandangan matahari terbenam yang memiliki warna merah yang indah. Untuk menikmati pemandangan tersebut, pengunjung disarankan datang pada periode November hingga Februari.

Fenomena matahari terbenam dengan warna merah ini disebabkan oleh adanya Pulau Merah yang berada sekitar 50-100 meter dari bibir pantai. Pulau ini dinamakan Pulau Merah karena tanahnya berwarna merah seperti batu bata ketika tersorot matahari terbenam.

Cahaya matahari yang memantul dari Pulau Merah membuat pemandangan matahari terbenam di Pantai Pulau Merah sangat unik. Pengelola memberikan beberapa tips bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Pulau Merah agar kunjungan mereka dapat berlangsung maksimal dan menyenangkan.

Waktu berkunjung juga mempengaruhi pemandangan di Pantai Pulau Merah. Seperti telah disampaikan sebelumnya, untuk menikmati pemandangan matahari terbenam dengan warna merah, pengunjung disarankan datang pada musim kemarau.

Pengunjung juga dapat bermalam atau berkemah di Pantai Pulau Merah. Untuk pengunjung yang akan berkemah dapat melapor ke petugas terlebih dahulu. Kemudian mereka akan diarahkan ke lokasi kemah yang telah disediakan. Lokasi ini cenderung aman dari gelombang laut dan dekat dengan fasilitas umum seperti toilet dan mushala.

Selain terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya, Pantai Pulau Merah juga terkenal memiliki ombak besar sehingga dapat digunakan untuk surfing. Oleh karena itu, pengelola mengimbau wisatawan yang ingin berenang untuk berhati-hati dan melaporkan ke petugas terlebih dahulu. Karena ombaknya besar, tidak ada fasilitas snorkeling atau diving di Pantai Pulau Merah ini. (Ganjar / Kompers)

Instagram photos feed


Location