Harga Tiket Parkir di Pusat Kawah Putih Ternyata Ada Manfaat Besarnya untuk Masyarakat Lokal!

Description

Kawah Putih merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Jawa Barat. Terletak di daerah Ciwidey, Kawah Putih menawarkan keindahan alam yang luar biasa dengan pemandangan kawah yang berwarna putih kehijauan yang memukau. Namun, Tiket parkir di pusat Kawah Putih yang dihargai sebesar Rp.165.000 memang tergolong cukup wow bagi sebagian orang. Banyak yang bertanya-tanya, mengapa harga tiket parkir di Pusat Kawah Putih sebegitu mahalnya? Dibalik harga tersebut, terdapat alasan mengapa tiket parkir di pusat Kawah Putih dihargai sebesar itu.

Salah satu alasan utama adalah karena pengelola Kawah Putih telah melakukan pemberdayaan masyarakat lokal melalui jasa angkut ontang anting dengan tarif Rp.29.000,- per orang. Sebagian besar dari tarif tersebut akan diserahkan kepada paguyuban masyarakat desa hutan sebagai bagian dari pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pengelola lokasi wisata. Dengan begitu, masyarakat lokal dapat terlibat secara aktif dalam pengembangan dan pengelolaan Kawah Putih. Jika tarif parkir di pusat Kawah Putih disamakan dengan parkir di area bawah, maka tentunya minat pengunjung untuk menggunakan jasa ontang anting akan rendah dan masyarakat di sekitar lokasi wisata yang menggantungkan nafkahnya pada operasional ontang anting akan terganggu.

Kalau begitu sekalian saja kendaraan pribadi tidak diperbolehkan naik ke Pusat Kawah Putih!
 

Menjawab pernyataan tersebut, masih ada beberapa pengunjung yang tetap memilih untuk membayar tiket parkir di pusat Kawah Putih, meskipun tarifnya lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan jasa angkut ontang anting. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti pengunjung yang membawa lansia atau balita yang tidak bisa ikut serta menggunakan angkutan umum, atau kendaraan pribadi yang terisi penuh sehingga lebih efisien jika membayar tiket parkir di pusat Kawah Putih.

Selain itu, pengelola juga berusaha untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dengan menekan jumlah kendaraan yang masuk ke Pusat Kawah Putih. Hal ini dilakukan untuk menjaga potensi dan keasrian alam yang ada di sekitar Kawah Putih. Oleh karena itu, kendaraan pribadi yang ingin masuk ke pusat Kawah Putih tetap diizinkan, namun dikenakan tarif yang lebih tinggi dengan perbandingan tarif kendaraan ontang anting yang terisi penuh pengunjung.

Jika kendaraan Anda diparkirkan di area parkir bawah Kawah Putih, tarif yang harus Anda bayarkan hanya Rp.59.000,- per orang dengan tarif parkir kendaraan roda 4 sebesar Rp.15.000,- per unit (tarif pada saat artikel ini dibuat). Selain itu, Anda juga dapat menikmati pemandangan indah di sekitar Kawah Putih dengan berjalan kaki dan menggunakan local shuttle ontang anting dengan sisi kanan dan kiri yang terbuka.

Lebih lanjut, pengelola juga tidak mengijinkan adanya warung wisata dan pedagang asongan yang beroperasi di pusat kawah putih. Hal ini berdampak positif terhadap lingkungan di sekitar kawah, karena tidak ada sampah rumah tangga dan kemasan yang terbuang akibat aktivitas warung wisata. Selain itu, di pusat kawah juga tidak terdapat bangunan permanen dan hotel, sehingga pengunjung dapat benar-benar menikmati daya tarik alam kawah putih dengan maksimal tanpa merusak keindahan alam yang ada. Dengan kebijakan yang diambil oleh pengelola Kawah Putih, wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan merasakan pengalaman yang lebih nyaman dan bersih selama berada di kawasan wisata.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa biaya yang dikenakan oleh pengelola Kawah Putih telah mempertimbangkan banyak sisi dimana salah satunya sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa hutan serta menjaga potensi alam yang ada di sekitar Kawah Putih. Namun demikian, apapun pilihan yang diambil, pengunjung diharapkan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian alam Kawah Putih selama berwisata. (Ganjar / Kompers)

Instagram photos feed


Location